Salam

ASSALAMU ALAIKUM WR.WB, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Sabtu, 03 Maret 2012

KKP MAHASISWA MANAJEMEN HUTAN DI PONPES DARUL FALLAAH UNISMUH MAKASSAR

 
Kuliah Kerja Profesi (KKP) Jurusan Manajemen Hutan Fakultas Pertanian Unismuh Makassar angkatan ke III, ditempatkan di Ponpes Darul Fallaah yang berada dalam lokasi Hutan Pendidikan Unismuh Makassar di Dusun Pannyambeang Desa Bissoloro’ Kec. Bungaya Kab. Gowa. Sedangkan Jurusan BDP & Agribisnis ditempatkan di tiga tempat lainnya, yakni di Maros, Takalar & Bulukumba.

Ketua Jurusan Manajemen Hutan selaku Dosen Pembimbing, Ir.Husnah Latifah, MP, pada saat acara penerimaan Mahasiswa KKP di Ponpes Darul Fallaah (30 Maret 2011) mengatakan, “KKP Manajemen Hutan ditempatkan di Lokasi Hutan Pendidikan Unismuh Makassar ini diharapkan agar mahasiswa bisa mengamalkan ilmunya, sekaligus menambah khazanah pengetahuan & pengalaman tentang hutan karena selama dua bulan berada di lokasi hutan”.

Kepala Sekolah SMP Ponpes Darul Fallaah, Dahlan Lama Bawa menyambut baik kehadiran Mahasiswa KKP dan diharapkan agar saling bersinergi untuk mewujudkan program-program KKP dengan Program Pembelajaran Alam Terpadu (PPAT) yang menjadi muatan lokal Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar di Bissoloro’. “Ada harapan besar pada pesrta KKP kali ini, sekalipun hanya berjumlah 7 orang, tapi dua orang diantaranya adalah ‘mantan jenderal’ Mahasiswa di Fakultas Pertanian, yakni Riswan Abd Rasyid (Ketua Umum BEM) dan Maulana Noreng (Mantan Ketua Umum Pikom IMM) sehingga dengan sentuhan manajemen mereka semua program bisa bersinergi”, harap Dahlan yang juga merupakan PD. III Fak.Pertanian Unismuh Makassar.

Hadir pada acara penerimaan Mahasiswa KKP yang berlangsung  di Masjid Al-Aqabah sejumlah Dewan Guru, Segenap Santri, serta Ibu Husnah Latifah bersama Suami dan Anak. Usai acara penerimaan, dilanjutkan dengan pembahasan program, al-hasil, program KKP yang berhasil disepakati bersama Pimpinan Ponpes Darul Fallaah adalah sebagai berikut:

1.             Pendataan & Perawatan Tanaman Hutan Pendidikan Unismuh Makassar
2.             Pembibitan Bibit Pohon Mahoni, Bayam Jawa, Pinus dan lain-lain
3.             Pengelolaan Program Pembelajaran Alama Terpadu (Ternak Sapi, Kambing, Budi Daya Ikan Air Tawar & Tanaman Sayur, serta Tanaman Rempa)
4.             Pembuatan Pagar pada  Areal  Lahan PPAT  & Budi Daya Pakan Ternak (Penanaman Rumput Gajah)
5.             Pembuatan  Bio Gas (Pemanfaatan Kotoran Sapi)
6.             Pembuatan Pupuk Kompos (Pemanfaatan Kotoran Sapi)

Saat berita ini diturunkan berepa program kerja sudah mulai dilaksanakan oleh Mahasiswa KKP bersama Santri Ponpes Darul Fallaah, seperti kegiatan persemaian bibit pohon & sayuran di areal perkebunan terpadu Ponpes Darul Fallaah, serta beberapa kegiatan persiapan untuk pelaksanaan program kerja selama KKP berlangsung. Mahasiswa KKP Manajemen Hutan adalah Riswan Abd.Rasyid, Maulana Noreng, Jainuddin, Rafiuddin, Sitti Rahmah, Supriadi Faradilah, Abdul Hafi Kari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar