Salam

ASSALAMU ALAIKUM WR.WB, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Sabtu, 03 Maret 2012

LM3 Ponpes Darul Fallaah Kelola Dana Dirjen Peternakan RI


Untuk Program Penggemukan & Pembibitan Sapi Potong

Berkat informasi dari Rektor Unismuh Makassar, H.Irwan Akib, dibantu oleh Ir.Abubakar Idham dan DR.H.Lukman Hakim, juga rekomendasi dari Ketua BPH Unismuh Makassar, KH.Djamaluddin Amien (sebelum diganti oleh HM.Syaiful Saleh), maka Pimpinan Ponpes Darul Fallaah atas nama LM3 mencoba peruntungan dengan membuat serta mengirimkan proposal usulan untuk program penggemukan dan pembibitan sapi potong ke Dirjen Peternakan RI tahun 2009.

Salah seorang Konsultan pada proyek penggemukan dan pembibitan sapi potong Deptan RI, Ir. H. Qosdus Sabil, memberi kabar kepada Pimpinan Ponpes bahwa Proposal LM3 Ponpes Darul Fallaah telah dinyatakan lolos seleksi oleh tim Konsultan dan diterima pada usulan tahun 2009, tapi kontrak kerja untuk pencairannya nanti tahun 2010.

Menjelang pencairan dana pada November 2010, diperlukan kelengkapan administrasi persetujuan untuk kontrak kerja, namun mengingat perbedaan tahun pengusulan dan penetapan dengan tahun pencairan, maka prosal tersebut kemudian direvisi atas prakarsa PR. I, H. Abd. Rahman Rahim, SE, MM, bersama tim kerjanya, selanjutnya Tim Survei dipimpin langsung Dirjen Peternakan, meninjau lokasi penggemukan dan pembibitan sapi potong di areal Ponpes Darul Fallaah binaan Unismuh Makassar di Bissoloro-Gowa.

Al-hasil, LM3 Ponpes Darul Fallaah dipercaya mengelola Dana Deptan RI sebesar Rp.276.000.000,- sebagai upaya penguatan ekonomi pesantren, juga menjadi life skill bagi para santri dan masyarakat sekitarnya. Penandtangan kontrak kerja dilakukan oleh Pimpinan Pondok dengan Dirjen Peternakan RI, tanggal, 10 November 2010 di Hotel Kenari Tower Makassar. 

Kegiatan penggemukan dan pembibitan sapi potong ini mendapat dukungan penuh dari Ketua BPH Unismuh Makassar, HM.Syaiful Saleh, yang juga Kepala Dinas Kelautan dan Ketahanan Pangan Kota Makassar. Menurut rencana Ketua BPH Unismuh Makassar, selain berlokasi di Bissoloro’, program penggemukan dan pembibitan sapi potong ini juga akan dikembangkan di tanah milik Unismuh Makassar  + 7 Ha di Desa Bollangi-Gowa.

  
Dukungan dan harapan juga disampaikan Rektor Unismuh Makassar, H.Irwan Akib, “seyogyanya kepercayaan ini senantiasa dijaga agar program serupa dengan anggaran yang lebih besar bisa  dipercayakan lagi kepada LM3 Ponpes Darul Fallaah khususnya dan Unismuh Makassar umumnya”

Dalam rangka sukses pengelolaan dana tersebut, maka Tim LM3 yang terdiri dari unsur Pimpin Ponpes Darul Fallaah telah diundang untuk mengikuti Workhsop Pengelolaan & Pelaporan Keuangan berturut-turut di Makassar dan di Cibubur-Jawa Barat diikuti oleh Pimpinan Ponpes, Dahlan Lama Bawa dan Bendahara LM3, Muhammad Abduh. 

Sebagai ikhtiar sukses program penggemukan, pihak pondok juga telah mengutus 2 orang dewan guru, Muhammad Abduh & Ardi Rumallang,  untuk mengikuti Pelatihan  Penggemukan dan Pembibitan Sapi yang diselenggaran oleh MPM PP.Muhammadiyah di Yogyakarta.

Saat ini kegiatan sudah dimulai dengan menambah satu unit kandang untuk program penggemukan, serta menambah bibit pakan berupa rumput gajah di areal Ponpes Darul Fallaah sekitar 1 ha.  Sesuai draft kontrak kerja, LM3 mendapat jatah 24 ekor sapi, 8 pejantan untuk penggemukan, 16 ekor betina untuk pembibitan. Saat berita ini diturunkan, sapi penjantan yang sudah dibelanja sebanyak 2 ekor, sedangkan sapi betina 13 ekor.  Rujukan belanja tersebut berdasarkan Rencana Usaha Kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar