Salam

ASSALAMU ALAIKUM WR.WB, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Sabtu, 03 Maret 2012

Santri SMP Ponpes Darul Fallaah Budi Daya Ikan Air Tawar & Sayuran


     Tanggal, 26 Desember 2010, menjadi hari/tanggal bersejarah bagi keluarga besar SMP Ponpes Darul Fallaah. Betapa tidak,  setelah santri bersusah payah dengan segala daya upaya bersama dewan guru yang bersahaya menggali sebuah kolam ikan seluas 10 x 5 M2, dengan kedalaman 1,5 M2, dan ditaburi 1000 bibit ikan lele untuk tahap I, rencananya pada tahap ke-2 & ke-3 akan ditambah lagi bibitnya.
Saat dingin kedinginan, saat panas kepanasan, saat lapar kelaparan, saat haus kehausan demi sebuah cita, ingin membudidaya ikan air tawar sebagai salah satu bentuk program khas, yakni Progran Pembelajaran Alam Terpadu (PPAT), sekaligus untuk dikonsumsi santri.
Al-Hasil, Kolam itu sekarang berisi 1000 bibit ikan lele, yang ditebar berturut-turut oleh Wakasek Bidang Kesiswaan, Samsuddin, S.Pd, Wakasek Bidang Sarana & keuangan, Muhammad Abduh, SS, Wakasek Bidang Kurikulum, Amiruddin, S.Pd.I, Guru PPAT, Muhammad Ali Fitrah, SP & Ardi Rumallang, SP, disusul yang mewakili santri, Jamaluddin Lama Bawa, Santri Angkatan 2010 asal Nusa Tenggara Timur.

Menurut Kepsek, Dahlan Lama Bawa, S.Ag, M.Ag, budi daya ikan air tawar, budi daya tanaman sayur, serta program penggemukan sapi merupakan program Ponpes yang telah ditetapkan pada Raker Sekolah Juli 2010 yg lalu. Ketiga program tersebut, di samping sebagai upaya pemenuhan kebutuhan santri, juga sebagai ajang pembelajaran santri mengingat  salah satu misi Ponpes ini adalah mendidik santri menjadi Muballigh Yang Petani dan Petani Yang Muballigh.

Mengutip dan mencoba semboyan Rektor Unismuh Makassar, DR.H.Irwan Akib, M.Pd, “marilah kita bermimpi dan berusaha mewujudkan mimpi-mimpi itu menjadi kenyataan”. Kini, Ponpes yang telah menamatkan 22 alumni yang merupakan santri angkatan I Tahun 2007, dan saat ini membina 72 santri bukan hanya memulai  budi daya ikan air tawar, tapi juga sedang giat-giatnya merawat  berbagai macam ragam tanaman sayur, hingga persiapan pembibitan dan penggemukan sapi yang merupakan program ‘mimpi’ yang sesaat lagi akan jadi kenyataan.   
Semua program tersebut, mendapat dukungan penuh dari Koordinator Lab.School, KH.Djamaluddin Amien, Ketua BPH, HM.Syaifuul Saleh, Juga Rektor Unismuh Makassar, H.Irwan Akib, bahkan telah mendapat dukungan dari dua orang Konsultan Kementrian Deptan RI, yang juga Konsultan MPM PP.Muhammadiyah, Prof. DR.H.Ali Agus dan Prof.DR.Syafii Latikonsina yang pernah berkunjung ke Ponpes Darul Fallaah Unismuh Makassar di  Bissoloro’-Gowa  akhir Oktober 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar