Salam

ASSALAMU ALAIKUM WR.WB, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Sabtu, 03 Maret 2012

Wisuda ke-45 Unismuh Makassar Berlangsung Khidmad

 
Pada periode ke-2 tahun 2010, Universitas Muhammadiyah Makassar mewisuda 1.289 Sarjana & Magister. Tradisi akademik yang dihelat secara berkala setiap 6 bulan tersebut berlangsung khidmad, aman dan lancar. Insiden mati lampu sempat terjadi tapi hal itu tidak mengurangi wibawa acara yang dikoordinir oleh Hj. Ihyani Malik, S.Sos,M.Si (Ketua Panitia) dan  Muh. Syafa’at S.Kuba, ST (bagian acara). 
           
Laporan Rektor

Dalam laporan, Rektor Unismuh Makassar, DR. H. Irwan Akib, M.Pd memaparkan berbagai upaya dalam rangka mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta mengemban tugas dakwah dan pencerahan umat, dalam satu smester terakhir ini Unismuh Makassar telah meakukan hal-hal sebagai berikut:
1.      Mengirim Pimpinan dan Staf P4M untuk melakukan studi banding dan  magang untuk mempelajari proses kerja penjaminan mutu, standar ISO, penyusunan dokumen mutu dan standar mutu.
2.      Melakukan desiminasi pedoman penjamin mutu akademik dan pelatihan system penjaminan mutu internal dan audit mutu akademik internal 
3.      Melakukan workshop pengelolaan laboratorium & workhsop peningkatan keterampilan tenaga laboratorium
4.      Mengikutkan staf untuk magang tenaga perencana institusi
5.      Workshop penyusunan bahan ajar PPG, worshop pengembangan PPL program PPG, worskshop uji seleksi & uji kompetisi, serta penyusunan perangkat pembelajaran.
6.      Kerjasama dengan pemerintah kota/kabupaten di Sulsel, yakni Pemkab Wajo, Kab.Kepulauan Selayar, Kab. Enrekang, Kab.Mamuju, Kab.Barru, Kab.Barru, Kab.Bantaeng, Kota Makassar.
7.      Aktivitas lembaga kemahasiswaan cukup dinamis dan banyak mengukir prestasi baik skala lokal, nasional maupun internasional, antara lain: Juara kreatif lomba robot antar perguruan tinggi se-Indonesia, tahun ini 2 orang mahasiswa dari prodi pendidikan bahasa Inggris mengikuti Indonesia English Language Studi Program (IELSP) untuk belajar Bahasa Inggris selama 8 bulan di Amerika Serikat.
8.      Sebanyak 1332 orang mahasiswa mendapatkan bantuan beasiswa dari PPA, Supersemar, Pemprof Sulsel dan lain-lain.


9.      Mengirim Muballigh Hijrah Unismuh Makassar yang terdiri dari berbagai prodi ke daerah-daerah pada setiap bulan ramadhan
10. Melakukan sunnatan massal bagi anak-anak keluarga prasejahtera, kerjasama antar PT Bank Mandiri Tbk dengan Unismuh Medical Centre dan Fakultas kedokteran Unismuh Makassar.

Amanah PP.Muhammadiyah

Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi PP.Muhammadiyah dalam amanahnya menyampaikan beberapa hal kepada wisudawan antara lain:
1.      Yang diperlukan dari seorang sarjana adalah kemampuan leaderhip dan kemampuan adaptasi di tengah-tengah masyarakat
2.      IPK tinggi bukan jaminan seorang sarjana sukses  di dunia kerja, melainkan yang ber-IPK ‘jongkok’ pun bisa bersaing karena mereka tampil sebagai solusi, bukan menjadi bagian dari masalah
3.      Diperlukan visi dalam bekerja dan betul-betul bekerja untuk mencapai sukses
4.      Tidak usah terlalu berkeinginan menjadi PNS, tapi hadirkan jiwa enterpreneurship seperti yang telah dicontohkan oleh Sang pencerah, KH.Ahmad Dahlan, tokoh pendiri Persyarikatan Muhammadiyah. Di Indonesia hanya 0,8% berjiwa enterpreneurship sementara kekayaan alam sangat melimpah dari sabang sampai merauke.
5.      Mengingat Unismuh Makassar sudah termasuk kategori A dalam jajaran 155 buah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM), maka terus berikhtiar melakukan inovasi menuju kualitas.

Wisudawan Berprestasi

Diantara 1.289 Wisudawan/i ada 7 orang yang terpilih sebagai wisudawan berprestasi melalui tahapan seleksi. Materi seleksi meliputi prestasi akademik, prestasi organisasi, masa studi, dan tentunya akhlak yang bersangkutan. Ketujuh wisudawan berprestasi tersebut adalah Maryam Fadillah-FAI, Arian-FKIP, Basri Basir-Ekomomi, Nasrul Haq Syarif-Fisipol, Hermansyah-Teknik dan Hilda Ekayanti-Pertanian.
Calon wisudawan berprestasi diusulkan oleh masing-masing fakultas, kemudian diseleksi oleh tim yang terdiri dari unsur Pimpinan Universitas. Selanjutnya ditetapkan wisudawan terbaik 1 orang setiap fakultas, dan salah satu diantaranya sebagai wisudawan berprestasi tingkat Universitas dan  kepadanya diberikan SK sebagai Dosen Tetap Yayasan dengan pilihan melanjutkan S2 di dalam maupun luar negeri.
Terpilih sebagai wisudawan terbaik tingkat Universitas adalah Nasrul Haq Syarif dari Fisipol, jurusan Administrasi Negara, IPK 3,94, lama studi 3.9 bulan. Nasrul Haq lahir di Palopo, 31 Oktober 1988, selama kuliah, ia terbilang mahasiswa yang super aktif di berbagai organisasi dan terbukti  bisa mengantarnya menjadi Wisudawan berprestasi. Ini menjadi bukti bahwa antara kuliah dan organisasi saling menunjang dalam meraih prestasi, bukan seperti anggapan umum bahwa organisasi menghap studi.

Adalah Nasrul Haq sudah membuktikannya. Aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ini, merupakan salah seorang Pimpinan pada PC IMM Kota Makassar, beliau mantan Ketua Umum LKIM-Pena, juga aktivis Hizbul Wathan (HW) Unismuh Makassar, di luar kampus Dia adalah Sekjen Bidang Kerohanian IMPI Luwu Raya, Koordinator ILP2I Regional  V meliputi Sulawesi Maluku & Papua (Sumapapua), serta ini yang fenomenal, Nasrul Haq adalah Duta Mahasiswa Nasional Bidang Kesehatan Reproduksi, Penanggulangan HIV/AIDS. 

Turut  hadir dan membarikan sambutan pada wisuda ke-45 tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan, Koordinator Kopertis Wilayah IX dan Koordinator Kopertais VIII, masing-masing diwakili oleh pejabat yang ditugaskan. Selain itu hadir pula Kapolda Sulselbar, serta ribuan para orangtua dan keluarga para wisudawan/i. ##

Tidak ada komentar:

Posting Komentar