Salam

ASSALAMU ALAIKUM WR.WB, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Sabtu, 03 Maret 2012

PTM Maju Bersama Muhammadiyah


H. Andi  Iskandar Tompo
(Sekretaris BPH Unismuh Makassar)

      Berikut narasi hasil wawancaranya: Secara nasional, Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) berkembang pesat baik secara kuantitas maupun kualitas, salah satu diantaranya adalah Universitas Muhammadiyah Makassar. Secara kelembagaan, PTM adalah Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang Pendidikan Tinggi yang berfungsi ganda, yakni sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi, juga berfungsi sebagai lembaga dakwah dan kaderisasi.
         Dalam perkembangannya, terkadang PTMnya maju pesat, tapi ironisnya, Muhammadiyah setempat sebagai pemiliki PTM justru mati suri alias terjadi stagnasi organisasi.  Kondisi ini tentu membuat miris dan mengundang prihatin dari semua unsur dan warga persyarikatan Muhammadiyah.
         Dalam forum Musywil ke-38 Muhammadiyah Sulsel yang dihelat di Kampus Unismuh Makassar, tanggal, 25 – 28 November 2010, hal tersebut menjadi salah satu perhatian peserta Musywil. Menurut mayoritas peserta, idealnya, ketika Amal Usaha Muhammadiyah berkembang/maju, mestinya Muhammadiyah setempat pun berkembang.   
         Menurut H. Andi Iskandar Tompo, peraih suara terbanyak saat Musywil ke-38 Muhammadiyah Sulsel, yang juga sekretaris BPH Unismuh Makassar, yang ditemui di ruang kerjanya  beberapa waktu lalu mengatakan:

1.    Semboyan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) maju bersama persyarikatan, maksudnya adalah memberi ketegasan bahwa suatu Peguruan Tinggi Muhammadiyah, tidak boleh berjalan sendiri – sendiri, akan tetapi harus seiring dan sejalan dengan Persyarikatan Muhammadiyah
2.    Semboyan tersebut sudah berjalan di Sulawesi Selatan secara konsepsional walaupun masih ada yang belum secara realita.
3.    Semboyan itu ada sejak kelahiran Perguruan Tinggi Muhammadiyah sebagai suatu Amal Usaha namun sebagai suatu motto (semboyan) secara tertulis barulah pada periode ini.
4.    Partisipasi Unismuh terhadap Persyarikatan sudah memenuhi motto (semboyan) tersebut, bahkan saya harap bisa menjadi acuan (contoh) pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Sulawesi Selatan.
    
Di Sulsel terdapat 19 PTM,  dua diantaranya berstatus Universitas, yakni Universitas Muhammadiyah Makassar dan Universitas Muhammadiyah Pare-Pare, sedangkan selebihnya adalah Sekolah Tinggi dan Akademik/Diploma (Baca Tabel) 
      





No

Nama PTM

1

Universitas Muhammadiyah Makassar

2

Universitas Muhammadiyah  Pare-Pare

3

STKIP Muhammadiyah Sidrap

4

STKIP Muhammadiyah Bone

5

STKIP Muhammadiyah Barru

6

STKIP Muhammadiyah Enrekang

7

STKIP Muhammadiyah Bulukumba

8

STISIP Muhammadiyah Sinjai

9

STISIP Muhammadiyah Sidrap

10

STAI Muhammadiyah Sinjai

11

STIE Muhammadiyah Palopo

12

STIKES Muhammadiyah Sidrap

13

AKPER Muhammadiyah Makassar

14

AKL Muhammadiyah Makassar

15

ATRO Muhammadiyah Makassar

16

AKBID Muhammadiyah Makassar

17

ATEM Muhammadiyah Makassar

18

ANAKES Muhammadiyah Makassar

19

AKBID Muhammadiyah Palopo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar